Indonesia makin dilirik pengusaha Timur Tengah

Selasa, 25 Desember 2012 - 11:56 WIB
Indonesia makin dilirik pengusaha Timur Tengah
Indonesia makin dilirik pengusaha Timur Tengah
A A A
Sindonews.com - Para pengusaha asal negara-negara di Timur Tengah (Timteng) membidik pasar Indonesia. Hal ini terlihat dari penyelenggaraan pameran umrah dan haji.

Setidaknya terdapat 53 penyelenggara umrah dan haji dari negara Kerajaan Arab Saudi dan Timur Tengah lainnya mempromosikan paket-paket kompetitif kepada penyelenggara umrah dan haji di Indonesia.

"Sebelumnya hanya sekira 40 perusahaan yang berpartisipasi. Namun kali ini jumlah peserta meningkat. Ini membuktikan industri umrah dan haji di Indonesia semakin berkembang pesat," kata Sekjen Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji Indonesia (Himpuh) Muharom Ahmad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (25/12/2012).

Acara tersebut dibuka Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu. Penyelenggara acara Tenry Angka dari Perfect Events mengatakan momentum acara ini merupakan tempat bertemunya buyer dan seller dari Arab Saudi dan Timur Tengah dengan Indonesia yang meliputi presentasi bisnis dari berbagai perusahaan yang menawarkan kerjasama dengan perusahaan di Indonesia.

Penyelenggara industri jasa hotel, transportasi, katering dan wisata lainnya dari Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), dan Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah & In-Bound Indonesia (Asphurindo) hadir untuk bekerja sama memberikan paket-paket promosi yang menarik sekaligus memperluas jaringan bisnis.

Keuntungan lainnya, asosiasi juga dapat menyusun program dan memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk suatu paket kunjungan ibadah dan wisata. Diharapkan dengan adanya acara ini kualitas penyelenggara umrah dan haji Indonesia semakin baik.

"Meningkatnya jumlah jamaah umrah dan haji dari Indonesia, menjadi potensi bisnis kian menjanjikan," tambahnya.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustofa Ibrahim Al Mubarak menambahkan, jamaah haji Indonesia 2012 merupakan yang terbanyak dari seluruh dunia.

Selain program umrah dan haji, paket wisata religi juga semakin diminati. Paket-paket ini biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga jemaah dapat beribadah sekaligus berwisata ke tempat yang memiliki sejarah religi seperti Mesir, Turki, Uni Emirat Arab dan Yerusalem yang memiliki situs sejarah Islam.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4725 seconds (0.1#10.140)