HPP kedelai ditetapkan bulan ini

Jum'at, 04 Januari 2013 - 15:58 WIB
HPP kedelai ditetapkan bulan ini
HPP kedelai ditetapkan bulan ini
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengungkapkan, Harga Pokok Pembelian (HPP) kedelai akan segera ditetapkan pada bulan ini.

"HPP Januari (2013) keluar, bisa awal bulan dan akhir bulan," janji Gita Wirjawan usai konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Penetapan HPP kedelai ini, kata Gita, akan dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) di Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian pada 9 Januari 2013 mendatang. "Besok Rabu, minggu depan ada Rakor di Menko. Bisa ditanya di sana," ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Pertanian (Kementan) mengemukakan bahwa kemungkinan HPP kedelai akan ditetapkan sebesar Rp7 ribu per kg. Penetapan ini didasari oleh keinginan petani maupun kemampuan membayar para pengrajin tahu tempe.

"Kalau petani sih aspirasinya Rp7 ribu per kg. Pengrajin willingnes to pay-nya kira-kira ya Rp7 ribu-an," jelas Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Sebelumnya, dalam rangka meningkatkan produksi kedelai tahun 2013 mendatang, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menjanjikan penetapan Harga Pokok Pembelian (HPP) agar keuntungan petani meningkat. "HPP kedelai diharapkan bisa ada," ujar Menteri Pertanian Suswono beberapa waktu lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6728 seconds (0.1#10.140)