Kenaikan TDL korbankan kesejahteraan buruh

Senin, 07 Januari 2013 - 13:14 WIB
Kenaikan TDL korbankan kesejahteraan buruh
Kenaikan TDL korbankan kesejahteraan buruh
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Depok khawatir, dampak kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15 persen tahun ini berpengaruh pada kesejahteraan buruh.

Ketua Kadin Depok, Wing Iskandar mengatakan, kenaikkan TDL paling dirasakan perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan mesin karena harus melakukan penurunan produksi.

Wing berharap, kenaikkan TDL tidak berpengaruh pada pendapatan buruh yang sebelumnya telah disepakati kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) Depok sebesar Rp 2,2 juta.

"Ya, mau tidak mau terasa. Penurunan produksi akan berpengaruh pada pendapatan. Sementara pendapatan buruh tidak mau dikurangi. PHK menjadi ancaman," kata Wing kepada wartawan, Senin (7/1/2013).

Namun, dia yakin para pengusaha bisa menyiasati dan mengantisipasi masalah tersebut. "Saya rasa para pengusaha punya antisipasi. Karena TDL naik tidak hanya sekali. Kami sebagai industri hanya menunggu," jelas Wing.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Depok, Inu Kertapati menyatakan, kenaikan TDL semakin memberatkan pengusaha. Selain akibat kenaikan UMK buruh, mereka juga harus menanggung beban kenaikan tarif listrik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7810 seconds (0.1#10.140)