Rothschild mundur dari Barrick

Rabu, 09 Januari 2013 - 11:25 WIB
Rothschild mundur dari Barrick
Rothschild mundur dari Barrick
A A A
Sindonews.com - Nathaniel Rothschild mengundurkan diri sebagai Direktur Barrick Gold Corp (ABX) menjelang penentuan akhir permasalahan di Bumi Plc pada Februari mendatang.

Seperi dilansir Bloomberg, Rothschild telah menjabat sebagai direktur di perusahaan emas terbesar di dunia, Barrick sejak April 2010. Dia efektif mengundurkan diri pada 7 Januari waktu setempat, jelas keterangan yang dipublikasikan Barrick, kemarin. Sementara, Rothschild tidak merespon email yang dikirim Bloomberg.

Rothschild yang memegang 14,7 persen saham di Bumi Plc berupaya mengganti jajaran direksi eksekutif di perusahaan tersebut dengan orang-orang pilihannya dan dia juga berniat kembali sebagai direktur eksekutif di Bumi Plc.

Pemegang saham Bumi Plc telah menyetujui rencana Rothschild tersebut pada 6 Januari 2013, sehingga Rothschild akan menyingkirkan 12 dari 14 komisaris di Bumi Plc pada bulan depan, namun dengan tanggal yang belum ditentukan.

Seperti diketahui, Bumi didirikan oleh Rothschild dan Grup Bakrie. Nilai pasarnya merosot menjadi USD1,1 miliar sejak terjadi pertikaian. Rothschild mencari dukungan untuk menghapus Bakrie sebagai pemegang saham di Bumi Plc.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Bloomberg, kendati melepas jabatannya di Barrick, Rothschild masih memiliki jabatan lain, yakni di perusahaan investasi minyak dan gas natural Genel Energy Plc (GENL). Dia juga dipercaya menjadi Direktur di Berma Trust SA, dan komisaris R&D di JNR Ltd.

Mundurnya Rothschild dari jajaran direksi Barrick membuat saham Barrick melemah 1,3 persen menjadi USD33,14 pada penutupan perdagangan di Toronto. Sementara itu, perusahaan ini mengumumkan belum mendapatkan kesepakatan mengenai penjualan anak usahanya di Afrika ke China National Gold Group Corp.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)