Tekan kemiskinan, pemerintah rencanakan program 'keroyokan'

Jum'at, 11 Januari 2013 - 21:19 WIB
Tekan kemiskinan, pemerintah rencanakan program keroyokan
Tekan kemiskinan, pemerintah rencanakan program 'keroyokan'
A A A
Sindonews.com - Pemerintah berencana melaksanakan program ‘keroyokan’ antar instansi mulai tahun ini guna mengurangi kemiskinan. Melalui program ini diharapkan angka kemiskinan yang tahun lalu turun 11,5 persen kembali ditekan menjadi 10 persen pada akhir 2013.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menjelaskan, program ‘keroyokan’ ini adalah program-program lama di setiap kementerian. Bedanya hanya dilakukan secara bersama-sama dan saling koordinasi di tiap-tiap Kementerian.

“Intinya bukan program baru, tapi keroyokan (dikerjakan secara bersama-sama),” kata Hatta dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/1/2013).

Hatta mengambil contoh, di Brebes. Di situ permasalahannya air tidak ada, jalan kurang baik, rumahnya kumuh, listrik tidak ada, maka dipastikan beban biaya hidupnya tinggi. Infrastruktur dasarnya tidak memadai, maka di situ akan dikeroyok.

“Semua itu sudah ada programnya di dalam masing-masing kementerian tinggal kita koordinasikan dan padukan sehingga efeknya semakin besar. Istilah kita kemiskinan tembak langsung di tempat agar dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Program keroyokan ini, lanjut Hatta, akan dilakukan di seluruh koridor Tanah Air, dan diharapkan dapat membawa hal positif dalam penurunan kemiskinan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0238 seconds (0.1#10.140)