Kuasai Bumi, Rothschild dapat dukungan bos BAM

Jum'at, 11 Januari 2013 - 18:34 WIB
Kuasai Bumi, Rothschild dapat dukungan bos BAM
Kuasai Bumi, Rothschild dapat dukungan bos BAM
A A A
Sindonews.com - Perseteruan antara Grup Bakrie dengan Nat Rothschild (Nat) kembali mememasuki babak baru, ditandai dengan diumumkannya dukungan salah satu fund manager kondang, John Duffield terhadap Nat.

Seperti dikutip dari Sky News, Jumat (11/1/2013) John Duffield menyatakan dukungan kepada Nat dalam upaya merebut kendali perusahaan tambang, Bumi Plc dengan menggeser 12 dari 14 direksi di Bumi Plc dari pemegang saham asal Indonesia, Grup Bakrie dan Samin Tan.

John Duffield lewat perusahaan investasinya, Brompton Asset Management (BAM), menguasai sekitar satu persen saham Bumi Plc. Selain BAM, setidaknya ada dua pihak lain yang menyatakan dukungannya terhadap Nat, yakni Schroders yang memiliki sekira 3,5 persen saham Bumi Plc, dan Sofaer Capital yang memiliki saham Bumi Plc lebih dari satu persen menyatakan dukungannya untuk Rothschild yang disampaikan pada awal pekan ini.

Tak berlebihan kiranya bila Grup Bakrie khawatir dengan kondisi tersebut. Pasalnya, dukungan John Duffield ini, menambah jumlah suara yang dimiliki Rothschild untuk mendukung rencananya dalam merebut kembali kendali Bumi Plc.

Sebagai Fund Manager, Duffield diketahui memiliki reputasi yang cemerlang sebagai investor sejak mendirikan Brompton Asset Management pada 2010.

Dia memulai kariernya dari nol. Pada 2000, Duffield telah mendirikan New Star, dan menikmati kesuksesan awal dan dilepasnya pada 2005 akibat krisis yang terjadi di perusahaan tersebut. Sebelumnya, pada 1995, Duffield meraup banyak keuntungan dari Jupiter, yang dijualnya kepada Commerzbank senilai 175 juta euro.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5796 seconds (0.1#10.140)