PGN tuntaskan bangun pipa gas Cikande-Bitung

Selasa, 22 Januari 2013 - 12:32 WIB
PGN tuntaskan bangun pipa gas Cikande-Bitung
PGN tuntaskan bangun pipa gas Cikande-Bitung
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) siap menuntaskan pembangunan infrastruktur gas bumi proyek Cikande-Bitung (CP3B) untuk mengalirkan gas ke jaringan distribusi Banten Timur melalui offtake station Bitung 2 dan 3.

Jaringan ini merupakan kelanjutakn proyek jaringan Bojonegara-Cikande (CP3A), yang telah beroperasi tahun lalu dan merupakan lanjutan dari pipa South Sumatera-West Java (SSWJ).

Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN, Djoko Saputro mengatakan, jaringan tersebut terbentang sepanjang 30 kilometer (km), dimana lebih dari 50 persen konstruksinya telah selesai.

"Jaringan ini mempunyai nilai strategis dalam meningkatkan kehandalan penyaluran gas di jaringan pipa distribusi Jawa Barat," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Adapun, kapasitas maksimum yang dapat dialirkan jaringan pipa Bojonegara–Bitung sebesar 216 juta standar metrik kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan penyaluran melalui offtkake Cikande dan Bitung sebesar 148 MMSCFD dan penyaluran ke pipeline Bitung–Cimanggis sebesar 68 MMSCFD.

Jaringan akan langsung mengalir ke sistem distribusi Banten Timur yang telah terhubung ke sistem distribusi PGN di Jawa Barat, meliputi wilayah Banten-Jakarta-Bogor-Bekasi dan Karawang. Rencananya, setelah jalur Cikande-Bitung, jalur akan dikembangkan ke Cimanggis. Ini dilakukan untuk memperkuat dan memperluas jaringan infrastruktur gas bumi.

Untuk terus mengembangkan infrastruktur gas bumi, PGN juga sedang dalam proses pengembangan pembangunan jalur ringline 1 dan 2 untuk memperkuat jaringan di Jawa Barat yang telah ada saat ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5295 seconds (0.1#10.140)