Tiga terminal khusus Pelabuhan Dumai terancam lumpuh

Selasa, 22 Januari 2013 - 13:33 WIB
Tiga terminal khusus Pelabuhan Dumai terancam lumpuh
Tiga terminal khusus Pelabuhan Dumai terancam lumpuh
A A A
Sindonews.com - Pelayanan kepanduan dan tunda atas kapal yang akan keluar masuk pelabuhan pada tiga terminal khusus di Pelabuhan Dumai terancam lumpuh menyusul akan dihentikannya pelayanan kepanduan dan tunda oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Indonesian National Shipowners Association (INSA) Dumai, Badaruzzaman mengatakan, mulai 1 Februari perseroan BUMN itu tidak akan melayani kepanduan dan tunda di tiga terminal khusus di Dumai.

Tiga terminal tersebut adalah PT Sari Dumai Sejati, PT Pacifik Indo Palm Indonesia dan PT Terminal Khusus Semen Padang. "Pelayanan kapal pada tiga terminal tersebut terancam lumpuh jika kepanduan dan tunda tidak ada," kata Badaruzzaman dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Sesuai dengan SK Kementerian Perhubungan, pelayanan kepanduan dan tunda di terminal tersebut akan dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Tiga Bersaudara. "Selama ini, dilayani oleh PT Pelindo I, tapi pelayanan itu akan berakhir akhir Januari ini," imbuhnya.

Dia menjelaskan arus kapal di tiga terminal tersebut terbilang cukup padat. Tiap bulan rata-rata lebih dari 50 kapal melakukan bongkar muat. Jenis kapal tersebut antara lain tanker bermuatan crude palm oil (CPO), kapal pengangkut semen dan kapal pengangkut bungkil sawit.

Pihaknya mengkhawatirkan pelayanan kepanduan dan tunda terhambat setelah Pelindo I menghentikannya mengingat hingga saat ini perusahaan swasta yang memperoleh SK tersebut belum melakukan pembahasan mengenai tarif dengan pengguna jasa.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5012 seconds (0.1#10.140)