Pemerintah klaim pengembangan EBTKE capai target

Rabu, 23 Januari 2013 - 12:32 WIB
Pemerintah klaim pengembangan EBTKE capai target
Pemerintah klaim pengembangan EBTKE capai target
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Djadjang Sukarna mengatakan, selama kurun waktu tahun anggaran 2012, pembangunan infrastruktur energi bidang panas bumi dan digester biogas melebihi target.

"Pengembangan sumber energi baru dan energi terbarukan dalam rangka diversifikasi energi yang berasal dari pemanfaatan BBN pada BBM transportasi, kapasitas terpasang total PLTP, PLTS dan PLT Biomassa meningkat sesuai target," kata Djadjang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/1/2013).

Sementara realisasi jumlah wilayah kerja panas bumi (WKP), lanjut Djadjang, yang telah ditetapkan pada tahun 2012 sebanyak 8 WKP, sementara untuk pencapaian penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga triwulan IV/2012 yang berasal dari proyek panas bumi yang telah mencapai nett operating income (NOI) mengalami peningkatan menjadi Rp348 miliar.

Realisasi tersebut didapat dari pelaksanaan pembangunan 8 DME berbasis Non BBN dan 44 DME berbasis BBN. "Untuk Desa Mandiri Energi (DME), realisasi melebihi target sebanyak 52 DME," paparnya.

Untuk program konservasi energi, Djadjang menjelaskan, jumlah industri dan bangunan gedung telah diaudit mengalami peningkatan melebihi target.

"Hasil kerja keras seluruh jajaran membuahkan hasil yang bahkan melampaui target yang ditetapkan dan sesuatu yang membanggakan namun, dibalik itu, tentunya ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi," jelas Djadjang.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)