Realisasi penyerapan anggaran EBTKE hanya 50,21%

Rabu, 23 Januari 2013 - 12:32 WIB
Realisasi penyerapan anggaran EBTKE hanya 50,21%
Realisasi penyerapan anggaran EBTKE hanya 50,21%
A A A
Sindonews.com - Realisasi penyerapan anggaran Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) tahun anggaran (TA) 2012 hanya mencapai 50,21 persen. Hal ini menunjukkan kinerja yang belum maksimal seperti yang telah direncanakan.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) EBTKE, Djadjang Sukarna menjelaskan, dalam kerangka penganggaran berbasis kinerja, sebenarnya penyerapan anggaran bukan merupakan target alokasi anggaran.

"Performance based budget lebih menitikberatkan pada kinerja daripada penyerapan itu sendiri," kata Djadjang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/1/2013).

Hanya saja, sambung Djadjang, kondisi perekonomian saat ini, variabel dominan pendorong pertumbuhannya adalah faktor konsumsi, sehingga belanja pemerintah yang merupakan konsumsi pemerintah turut menjadi penentu pertumbuhan tersebut.

"Oleh karenanya pada tahun anggaran 2013 ini, kita harus mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat agar prioritas kegiatan yang telah disusun dapat terealisasi seiring dengan pengalokasian anggaran yang efektif dan efisien," katanya.

Djadjang menjelaskan, sebagaimana diinstruksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2013, anggaran 2013 harus digunakan secara tepat, transparan dan akuntabel.

"Untuk Kementerian kita, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemantauan realisasi DIPA TA 2013 akan dipantau secara langsung oleh Menteri ESDM secara rutin setiap bulannya," pungkas Djadjang.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5241 seconds (0.1#10.140)