GDP menyusut, resesi Spanyol cukup dalam

Rabu, 23 Januari 2013 - 17:36 WIB
GDP menyusut, resesi Spanyol cukup dalam
GDP menyusut, resesi Spanyol cukup dalam
A A A
Sindonews.com - Spanyol alami resesi yang dalam pada kuartal akhir 2012, setelah pemerintahan Perdana Menteri Mariano Rajoy menyetujui paket penghematan kelima kalinya dalam setahun untuk mengurangi defisit anggaran terbesar kedua di zona Eropa.

Bulletin bulanan yang dirilis Bank of Spain hari ini mengatakan Gross Domestic Product (GDP) Spanyol menyusut untuk kuartal keempat, berkontraksi sebesar 0,6 persen dari tiga bulan sebelumnya, ketika turun sebanyak 0,3 persen.

Rajoy berusaha untuk hindari bailout penuh seiring merosotnya ekonomi pada negara dengan perekonomian terbesar keempat di zona Eropa yang saat ini memasuki tahun kelimanya. Hal tersebut menganggu upaya Eropa untuk memenuhi target pengurangan defisit yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

Sebelumnya, Bank Sentral Eropa berjanji untuk memberikan dukungan kepada negara-negara yang sedang berjuang untuk menurunkan yield, yang mungkin dapat menekan biaya pinjaman sampai negara itu pulih.

“Sulit untuk melihat pemulihan dalam waktu dekat. Pemotongan anggaran yang lebih banyak akan diperlukan kalau target defisit Spanyol dikurangi atau tidak oleh Uni Eropa,” kata kepala ekonom untuk Spanyol dari lembaga konsultan Analistas Financieros Internacionales, Sara Balina seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (23/1/2013).

Sementara untuk tingkat pengangguran pada kuartal keempat akan dirilis besok oleh INE, kemungkinan naik menjadi 26 persen, yakni satu dari tiga pengangguran di wilayah euro ada di Spanyol.

Vodafone Group Plc (VOD), yang memiliki 4.300 karyawan di Spanyol mengatakan, pekan lalu pihaknya akan memangkas 900 pekerjaan karena penurunan pendapatan. Sementara jaringan cabang bank menyusut karena adanya ribuan pemecatan sampai 2015.

Meski begitu, Menteri Ekonomi Spanyol, Luis de Guindos kemarin mengumumkan akan ada data yang defisit "positif" dalam beberapa minggu mendatang. "Langkah-langkah penghematan yang direncanakan Spanyol melalui 2014 akan cukup untuk memenuhi tujuan itu," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5531 seconds (0.1#10.140)