Penerimaan negara dari daerah masih memble

Minggu, 27 Januari 2013 - 14:33 WIB
Penerimaan negara dari...
Penerimaan negara dari daerah masih memble
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengungkapkan, pihaknya akan mengoptimalkan penerimaan negara yang belum terjangkau di daerah. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menekan menurunnya penerimaan negara dampak dari penurunan harga komoditas akibat krisis ekonomi global.

Guna pengoptimalan tersebut, kata Agus, pihaknya akan meningkatkan kinerja satuan-satuan kerjanya yang tersebar di seluruh Indonesia saat ini. Peningkatan kualitas SDM dan memperkuat koordinasi adalah agenda utama yang akan dilakukan.

"Penerimaan dari Pemda itu masih banyak sekali bisa dioptimalkan karena Kemenkeu juga punya kantor-kantor vertikal di seluruh Indonesia," ujar Agus dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (27/1/2013).

Dirinya mengatakan peningkatan kinerja tersebut nantinya akan dilakukan pada instansi-instansi di bawah kemenkeu, yang mengurusi penerimaan negara khususnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Kami putuskan kantor-kantor di daerah khususnya Ditjen Perbendaraan dalam menjalankan fungsi-fungsi anggaran. Ditjen Perimbangan Keuangan maupun Perbendaharaan dalam arti luas," tandasnya.

Dengan upaya ini, dirinya berharap target PNBP pada tahun ini dapat tercapai, bahkan meningkat khususnya dari peran daerah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8193 seconds (0.1#10.140)