Jasa Marga anggarkan Rp30 miliar untuk tol Cipularang

Senin, 28 Januari 2013 - 13:33 WIB
Jasa Marga anggarkan Rp30 miliar untuk tol Cipularang
Jasa Marga anggarkan Rp30 miliar untuk tol Cipularang
A A A
Sindonews.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk mengantisipasi longsor di sepanjang ruas jalan tol Cipularang yang menghubungkan Kota Bandung, Jawa Barat, dari dan menuju Kota Jakarta.

"Tahun ini saya menganggarkan Rp30 miliar untuk antisipasi longsoran dan sekitar Rp15 miliar untuk perbaikan permukaan jalan hanya di tol Cipularang saja," kata Direktur Operasional Jasa Marga Hasanudin kepada sejumlah media di Jakarta, Senin (28/1/2013).

Dia menjelaskan, pada KM 84+500 arah Jakarta menuju Bandung di samping tol atau pada bagian lereng tergerus air sekitar 20 meter karena hujan lebat sejak beberapa hari lalu.

"Nah, kita enggak mau terus berlanjut, karenanya lereng itu kita kepras untuk dipadatkan. Setengah bahu jalan kita bongkar dan kita padatkan ulang. Itu saja, itu hal yang amat sangat biasa," jelasnya.

Hasanudin menjelaskan, dibutuhkan waktu paling lama dua minggu untuk membuat lereng yang tergerus tersebut kokoh kembali. Menurutnya, Tol Cipularang saat ini tetap beroperasi seperti biasa, hanya saja pada bagian bahu jalannya sedang dilakukan pengerjaan yaitu pembongkaran dan perbaikan.

"Secara struktur, Cipularang sudah stabil karena sudah tujuh kali (tujuh tahun) mengalami siklus hujan. Rule of thumbs nya kalau timbunan tinggi telah bisa melewati tiga kali musim hujan tanpa mengalami deformasi (perubahan bentuk) maka itu udah stabil namanya," tambah dia.

Dia juga menyatakan, longsoran-longsoran kecil di bagian lereng atau permukaan badan jalan tol memang umum terjadi. "Namun disitulah pentingnya pemeliharaan rutin dan periodik yang intinya menjaga lereng jangan sampai terinterusi air," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6466 seconds (0.1#10.140)