Uni Eropa-AS akan selesaikan perjanjian perdagangan bebas

Senin, 28 Januari 2013 - 14:53 WIB
Uni Eropa-AS akan selesaikan perjanjian perdagangan bebas
Uni Eropa-AS akan selesaikan perjanjian perdagangan bebas
A A A
Sindonews.com - Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) akan melakukan pertemuan untuk menyelesaikan pembicaraan perjanjian perdagangan bebas. Namun, banyak pihak menilai perundingan tersebut sulit dilakukan.

Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Karel De Gucht akan melakukan perjalanan ke Washington pada 5 Februari mendatang untuk melakukan sentuhan akhir hubungan dagang UE dan AS. Dia mengkui sampai saat ini belum ada kejelasan, Brussels dan Washington akan mencapai kesepakatan.

"Pada dasarnya saya akan pergi ke Washington untuk membahas beberapa item kecil dan mengulas kesepakatan akhir," ujar De Gucht seperti dilansir Reuters dalam sebuah wawancara di Santiago, Chili, Senin (28/1/2013).

Kesepakatan perdagangan antara dua kekuatan ekonomi di dunia itu mencakup 800 juta orang yang akan melepas miliaran dolar dalam bisnis transatlantik.

Tercatat, sebanyak 27 negara Eropa dan Amerika Serikat menyumbang hampir sepertiga perdagangan dunia. Krisis perbankan dan utang di Eropa mendorong kedua belah pihak untuk menghapus hambatan dalam perdagangan.

Perusahaan-perusahaan AS telah menginvestasikan sekitar USD1,9 triliun pada sektor produksi, distribusi dan operasi di Uni Eropa, jauh lebih banyak daripada di China. Sementara perusahaan Uni Eropa telah menginvestasikan sekitar USD1,6 triliun di AS.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7229 seconds (0.1#10.140)