ESDM tingkatkan peran batu bara untuk energi listrik

Selasa, 29 Januari 2013 - 12:33 WIB
ESDM tingkatkan peran batu bara untuk energi listrik
ESDM tingkatkan peran batu bara untuk energi listrik
A A A
Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong peran batu bara dalam pemenuhan energi nasional ditingkatkan. Terutama untuk sumber tenaga pembangkit listrik.

"Peran batu bara ke depan akan tetap banyak. Kebutuhan listrik akan tetap banyak," kata Menteri ESDM Jero Wacik dalam sambutannya pada acara Sidang DEN ke-9 di Kantornya, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Berdasarkan proyeksi Kebijakan Energi Nasional (KEN), peran batu bara akan ditingkatkan hingga 30,7 persen pada 2025. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) ditingkatkan hingga 33 persen.

"Peran batu bara sekarang sekitar 24,5 persen, dalam perpres akan menjadi 33 persen. Dalam rancangan KEN akan menjadi 30,7 persen," ujar Jero.

Mantan Menteri Pariwisata ini menambahkan, batu bara sudah tidak lagi merusak lingkungan. Karena, telah ditemukan teknologi untuk menghilangkan karbon yang dihasilkan dari penggunaan batu bara. Sehingga, peningkatan penggunaan batu bara tidak akan merusak lingkungan.

"Batu bara ini dikenal sebagai sumber energi yang agak tidak ramah lingkungan, tetapi sudah ada teknologi carbon capture sehingga ramah lingkungan," ucap dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8834 seconds (0.1#10.140)