Produk sayuran Kulonprogo diburu pedagang besar

Rabu, 30 Januari 2013 - 12:11 WIB
Produk sayuran Kulonprogo diburu pedagang besar
Produk sayuran Kulonprogo diburu pedagang besar
A A A
Sindonews.com - Produk sayuran dan buah-buahan asal Kulonprogo, DI Yogyakarta tumbuh pesat. Setiap hari, para petani sayuran daerah tersebut mengirim puluhan ton ke daerah lain, seperti Jakarta, Bandung, dan Cilacap.

Salah satunya, terong yang belakangan ini banyak dicari para pedagang. Pembina kelompok tani Catur Margo Mulyo, Desa Garongan Kulonprogo, Widodo mengatakan, kini banyak pedagang besar asal Jakarta yang datang ke daerahnya.

"Selama ini sayuran yang ada hanya dijual di sekitar Yogyakarta. Sekarang, seperti terong banyak diburu," ujarnya, Rabu (30/1/2013).

Catur menuturkan, saat ini harga terong hijau di tingkat petani sebesar Rp2.600 per kilogram (kg) dan terong ungu Rp2.300 per kg. Beberapa pedagang mengincar terong dengan alasan daya tahannya lebih bagus.

Menurutnya, terong pesisir bisa bertahan hingga lima hari. Sementara terong dari lahan sawah hanya bisa bertahan 2-3 hari. Setiap hari, dia mengirim 5-6 ton terong ke Jakarta. Sayuran lainnya, dikirim ke Gombong, Cilacap, Wonosari, dan Yogyakarta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)