Kemenhub nilai Batavia Air tidak niat bangkit

Rabu, 30 Januari 2013 - 22:19 WIB
Kemenhub nilai Batavia Air tidak niat bangkit
Kemenhub nilai Batavia Air tidak niat bangkit
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai pihak PT Metro Batavia (Batavia Air) sudah tidak mempunyai niat untuk bangkit kembali dalam membangun perusahaannya.

"Batavia tidak niat lagi untuk bangkit, karena pesawatnya juga enggak ada," tutur Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Herry Bakti saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Oleh karena itu, pihak Kemenhub menyatakan bila rute penerbangan milik Batavia Air akan diambil alih oleh maskapai penerbangan lainnya. "Kita memberi izin kepada airline lain untuk rute-rute tersebut. Kita langsung beri izin," tegasnya.

Herry melanjutkan, dari 31 pesawat yang ada, sebagian besar sudah ditarik. Saat ini, armada Batavia hanya tinggal 14 pesawat yang belum ditarik.

"Batavia memutuskan sendiri tidak beroperasi. Karena kekurangan pesawat dan pesawatnya sudah tua. Pesawatnya akan berkurang banyak," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), perusahaan penerbangan PT Metro Batavia (Batavia Air) dinyatakan pailit. Dengan keputusan itu, terhitung 31 Januari 2013, perusahaan tidak bisa beroperasi lagi.

Majelis hakim PN Jakpus memutuskan pihak International Lease Finance Corporation (ILFC), yang mengajukan tuntutan dengan nomor 77/Pailit/2011/PN.Niaga.Jkt.Pst menang dalam gugatan.

"Setelah putusan hari ini, di dalam pasal 11 ayat 2, berisi tentang upaya banding atau tidak, PN Jakarta Pusat memberikan delapan hari setelah putusan tersebut," ujar Kuasa Hukum Batavia Air Raden Catur Wibowo, di PN Jakpus, Jakarta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6687 seconds (0.1#10.140)