Layani korporasi, XL buka layanan data center di Surabaya

Jum'at, 01 Februari 2013 - 10:59 WIB
Layani korporasi, XL buka layanan data center di Surabaya
Layani korporasi, XL buka layanan data center di Surabaya
A A A
Sindonews.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) memprediksi permintaan layanan data center akan terus meningkat. Karena semakin maraknya sektor-sektor industri dan jasa yang akan mulai menggunakan layanan tersebut untuk menunjang bisnis.

Didukung kesadaran dan pemahaman pentingnya komputasi awan, diperkirakan permintaan solusi data center yang handal, terintegrasi, dan memiliki layanan prima akan semakin bertambah. Untuk melengkapi kebutuhan itu, XL telah meresmikan XL Surabaya data center, fasilitas data center yang dapat dipergunakan publik.

Vice President Digital Services XL Axiata, Joedi Wisoeda mengatakan, XL Surabaya data center ini terletak di gedung XL Surabaya Network Building (XL SNB) yang berlokasi di Kali Rungkut Surabaya. Total luas lahan mencapai hampir 9 ribu meter persegi (m2).

"Di lahan tersebut berdiri lima lantai bangunan dengan total luas hampir mencapai 8 ribu m2. Fasilitas sudah dilengkapi dengan sumber listrik dari PLN sebesar 5.000 kVA, genset, UPS, sistem piranti lunak untuk mengatur & mengendalikan listrik, dan ruangan server berstandar internasional," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Jumat (1/2/2013).

Selain itu, terdapat hampir 200 kamera pengawas yang selalu memonitor aktifitas yang ada di seluruh fasilitas data center tersebut. Dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lain-lainnya, XL siap memberikan layanan data center yang handal.

Layanan yang langsung dapat dinikmati para pelanggan korporat adalah penyewaan space bagi penempatan server, penyewaan rak, jika diperlukan penyediaan cage sebagai pelindung rak tersebut, layanan komputasi awan, dan penyediaan fasilitas ruangan bagi tenaga kerja yang ada.

XL juga menyediakan lahan kosong seluas 3.600 m2 yang dapat dipergunakan sebagai tempat untuk membangun infrastruktur data center pribadi, membangun infrastruktur Disaster Recovery Center (DRC), maupun menara telekomunikasi.

"XL terus berupaya terus menghadirkan layanan-layanan inovatif untuk menunjang para pelaku bisnis di Indonesia. Layanan data center ini merupakan komitmen XL untuk para pelanggan korporat yang menghendaki tersedianya fasilitas infrastruktur IT yang handal dan terpercaya. Kami juga siap untuk melayani para pelanggan korporat yang menginginkan fasilitas IT berbasis komputasi awan," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)