SMT bantu UMKM kembangkan bisnis

Kamis, 21 Februari 2013 - 18:12 WIB
SMT bantu UMKM kembangkan bisnis
SMT bantu UMKM kembangkan bisnis
A A A
Sindonews.com - Operator telekomunikasi Indosat, melalui anak perusahaannya Starone Mitra Telekomunikasi (SMT), membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis. Mereka menawarkan layanan toko online melalui tokoon.com dan Cell2line sebagai layanan telepon hemat bagi perkantoran.

Direktur Utama SMT, Suharso W Sulistyo mengatakan, sesuai dengan misi Indosat, pihaknya akan membantu mengembangkan bisnis UKM. Salah satunya melalui edukasi dan inovasi layanan Information Communication Tekhnology (ICT) melalui jaringan pasar online tokoon.com. Pelatihan ini, diikuti ratusan pelaku UKM yang ada di Yogyakarta.

“Para UMKM ini kita berikan pelatihan pemasaran online yang murah dan terjangkau,” ujarnya di Yogyakarta, Selasa (21/2/2013).

Sebelumnya pelatihan serupa juga dilakukan di Semarang dan Solo. Pelatihan juga menghadirkan ahli yang memberikan pengalaman dan teknis bisnis.

Melalui tokoon.com ini, UMKM dapat memasarkan produknya ke seluruh dunia. user yang berasal dari kalangan UMKM ini akan memiliki domain alamat (web) perusahaannya sendiri. Dan untuk membuat web tersebut, SMT akan melakukan pendampingan secara cuma-cuma.

Sedangkan Cell2line adalah layanan Fixed Wireless Access (FWA) yang memberikan solusi penghematan telepon perusahaan atau kantor. Cell2line dikemas dalam paket berlangganan pascabayar CDMA Indosat yang dibundling dengan FWT (untuk koneksi PABX) atau FWP (untuk direct phone).

GM sales Area barat SMT, A Aziz Rauf menambahkan, dari 150 ribuan UMKM kini sudah ada seribuan yang telah memanfaatkan layanan tokoon.com ini. Meski jumlahnya cukup banyak, namun PT SMT hanya menargetkan sekita lima ribuan UMKM bergabung dengan mereka.

“Hanya 20 persen UMKM yang sudah mengenal internet dan memanfaatkannya untuk memasarkan produk-produknya,” jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5788 seconds (0.1#10.140)