Tahun ini, aturan pembagian dividen diharapkan terbit

Jum'at, 22 Februari 2013 - 12:04 WIB
Tahun ini, aturan pembagian dividen diharapkan terbit
Tahun ini, aturan pembagian dividen diharapkan terbit
A A A
Sindonews.com - Guna menyeimbangkan keuntungan para investor, manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini tengah membahas aturan terkait pembagian dividen selain dari capital gain yang didapat selama ini. Diharapkan, aturan tersebut bisa segera diterbitkan pada tahun ini.

“(Aturan pembagian dividen) Nanti akan diatur. Mudah-mudahan bisa selesai tahun ini. Capital gain sama dividen harus berimbang,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (22/2/13).

Hingga saat ini, diakui Hoesen, aturan tersebut masih dalam tahap pembahasan di internal otoritas pasar modal. Pembahasan itu terkait aturan batasan minimum keuntungan yang wajib dibayarkan kepada para pemegang saham melalui dividen.

Pentingnya dibuat aturan tersebut, kata dia, karena selama ini banyak emiten yang tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham, sehingga perlu diatur agar setiap emiten disiplin dalam membagikan dividennya kepada para pemegang saham.

Dalam aturan tersebut juga akan menegaskan adanya denda kepada para emiten yang tidak menerapkan aturan tersebut. “Ada belasan emiten yang sudah lama tidak bagi dividen, padahal perusahaannya untung. Mereka biasanya ditahan buat ekspansi. Tapi kan investor mau dapat untung, selain mereka dapat dari capital gain. Agar disiplin, kita buat aturannya. Nanti akan ada kewajiban kalau tidak bagi dividen,” tutur Hoesen.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6422 seconds (0.1#10.140)