Elpiji 12 kg naik, penjualan akan makin merosot

Jum'at, 22 Februari 2013 - 15:42 WIB
Elpiji 12 kg naik, penjualan...
Elpiji 12 kg naik, penjualan akan makin merosot
A A A
Sindonews.com - Penjualan elpiji ukuran 12 kilogram (kg) di tingkat masyarakat umum cukup minim. Rencana pemerintah menaikkan harganya, pasti akan membuat penjualan semakin berkurang karena konsumen akan beralih ke ukuran 3 kg.

Salah satu pemilik agen elpiji, Rini Wahyu Lestari mengaku, semenjak muncul tabung gas 3 kg, penjualan elpiji 12 kg menurun drastis. Setiap hari rata-rata penjualan hanya 5-10 unit saja. Padahal untuk tabung ukuran 3 kg bisa mencapai 300 tabung perhari. "Banyak konsumen yang beralih ke 3 kg," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (22/2/2013).

Kenaikan yang akan dilaksanakan bulan depan, dipastikan akan semakin mengurangi konsumen rumah tangga terhadap elpiji 12 kg. Selain harganya murah, elpiji 3 kg mudah didapat.

Sementara itu, Asisten Manager Pertamina External Wilayah Jateng dan DIY mengaku, sampai saat ini belum ada informasi dari pusat terkait permasalahan kenaikan gas elpiji. Termasuk dalam hal antisipasi dan penambahan kuota elpiji 3 kg. “Kita masih menunggu kebijakan dari pusat dan langkah lebih lanjut,” tutur Heppy.

Pertamina, imbuhnya, saat ini akan memperketat dalam hal monitoring dan distribusi elpiji 3 kg di lapangan. Jika memang mendesak, tentu akan ada upaya penambahan, yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0689 seconds (0.1#10.140)