Hindari suap, Mendag usulkan mekanisme lelang

Senin, 25 Februari 2013 - 11:09 WIB
Hindari suap, Mendag usulkan mekanisme lelang
Hindari suap, Mendag usulkan mekanisme lelang
A A A
Sindonews.com - Dalam Rapat Koordinasi stabilisasi harga pangan pagi ini, Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan mengajukan usulan untuk mengganti mekanisme tender impor daging sapi dengan cara lelang.

Usulan ini diyakini Gita bisa menghindari terulangnya kembali kasus suap impor daging sapi. Selain itu, harga daging sapi juga bisa menjadi lebih murah.

"Terkait dengan daging, tadi kami mengusulkan untuk dipertimbangkan dilakukannya sistem lelang agar jauh lebih transparan dan bisa menjamin harga yang mungkin bisa lebih murah," kata Gita ketika ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Gita mengatakan, mekanisme lelang sudah terbukti efektif dalam mentransparansi impor dan menekan harga daging sapi di negara-negara tetangga. "Ini sudah dilakukan di beberapa negara tetangga," ujarnya.

Usulan menggunakan sistem lelang untuk impor daging sapi ini, lanjut dia, sudah disetujui dalam Rapat Koordinasi stabilisasi harga pangan. "Ini diterima secara menyeluruh oleh Pak Menko, Pak Mentan, dan Wamenkeu," tutur Gita.

Setelah disetujuinya usulan ini, Mendag berjanji segera menyelesaikan formulasi lelang impor sapi. "Kemendag sudah ditugaskan untuk menyelesaikan formulasinya agar ini jauh lebih transparan dan jauh lebih bisa menjamin harga yang lebih murah," ucapnya.

Pemilik Grup Anchor ini berharap formulasi lelang impor daging sapi bisa selesai dan mulai diterapkan tahun ini. "Secepatnya, kita akan kembangkan dulu formulasinya, nanti akan disepakati. Saya rasa bisa (tahun ini)," pungkas Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)