23 UMKM dapat beasiswa dari Astra

Senin, 25 Februari 2013 - 18:33 WIB
23 UMKM dapat beasiswa dari Astra
23 UMKM dapat beasiswa dari Astra
A A A
Sindonews.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) telah memberangkatkan sebanyal 23 UMKM sebagai mitra YDBA yang bergerak dibidang manufaktur dan bengkel roda empat ke Kansai Kenshu Center, Osaka, Jepang.

Program tersebut merupakan beasiswa dari The Overseas Human Resources and Industry Development Association (HIDA) untuk UMKM yang bekerja sama dengan Himpuna Alumini AOTS Indonesia (HAAI) dengan YDBA. HIDA adalah organisasi internasional yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) di negara-negara berkembang untuk mempromosikan kerjasama teknis melalui pelatihan, pengiriman pakar dan program lainnya.

Untuk mengikuti program ini, UMKM hanya membayar 16,6 persen yaitu sebesar Rp10,3 juta per orang dari total biaya keseluruhan sebesar Rp61,9 Juta. Seluruh UMKM mitra YDBA ini mengikuti seleksi administrasi dengan melengkapi pre training report yang terdiri dari struktur organisasi UMKM dan company profile.

"Bidang usaha dari UMKM juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian yang dilakukan oleh HIDA," kata General Manager YDBA, Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Senin (25/2/2013).

Program yang diadakan pada gelombang pertama ini diselenggarakan dengan metode
pembelajaran di kelas dan company visit. Tujuannya agar peserta memahami karakteristik UMKM excellence di Jepang melalui pembelajaran filosofi manajemen, proses pengembangan strategi manajemen. Kedua, peserta memahami dalam menganalisa masalah-masalah yang terjadi di perusahaannya masing-masing.

"Ketiga, peserta dapat memformulasikan rencana penyelesaian masalah-masalah yang ada. Sehingga dengan mengikuti program ini, peserta dapat mengevaluasi proses kerja yang ada ditempatnya masing-masing," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7596 seconds (0.1#10.140)