Pabrik rokok diminta tambah kuota permintaan tembakau

Selasa, 26 Februari 2013 - 14:38 WIB
Pabrik rokok diminta tambah kuota permintaan tembakau
Pabrik rokok diminta tambah kuota permintaan tembakau
A A A
Sindonews.com - Ketua DPRD Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan, selama ini pihaknya telah berusaha mengadakan pendekatan ke sejumlah pabrik rokok untuk selalu menambah kuota permintaan tembakau.

“Terkait dengan disahkannya PP nomor 109, DPRD Kabupaten Temanggung akan terus memperjuangkan agar ada peninjauan kembali supaya lebih berpihak pada kepentingan petani tembakau," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Masrik Amin Zuhdi menjelaskan, luas tanaman tembakau tahun 2013 diperkirakan mencapai 13.000 hektar yang tersebar di 14 kecamatan sentra tembakau meliputi Parakan, Candiroto, Ngadirejo, Tembarak, Kedu, Kledung, Wonoboyo dan Tretep. Selain itu juga di Kecamatan Bulu, Bansari, Temanggung, Selopampang, Tlogomulyo dan Jumo.

Sedangkan untuk menjaga dan mempertahankan kemurnian tembakau Temanggung, pihaknya sudah menyiapkan empat bibit varitetas tembakau. Varietas tersebut yakni Kemloko I, II, III dan Sindoro.

Menurutnya, bibit tembakau varietas unggulan tersebut telah diproduksi 50 kg yang disiapkan untuk membantu kebutuhan benih bagi petani secara gratis. Direncanakan pada tahun 2014 mendatang bakal ditingkatkan menjadi 100 kg supaya stoknya lebih banyak.

“Produksi tembakau rajangan pada musim panen 2013 diperkirakan mencapai 9.100 ton. Sedangkan kuota pembelian dari pabrik rokok sekitar 12.300 ton sehingga optimis seluruh produksi bakal terserap oleh pabrik karena masih di bawah kuota yang diminta," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0312 seconds (0.1#10.140)