Jelang pemilu transaksi bisnis terpengaruh

Rabu, 27 Februari 2013 - 18:32 WIB
Jelang pemilu transaksi bisnis terpengaruh
Jelang pemilu transaksi bisnis terpengaruh
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan pesta demokrasi pemilu dan pilpres, selalu berdampak terhadap menurunnya transaksi bisnis. Setahun menjelang Pemilu, menjadi tahun yang paling ditunggu karena akan menjadi tahun belanja bagi sebagian bisnis.

"Seperti tahun ini, banyak yang akan melakukan belanja, karena pada saat pemilu transaksi akan turun," kata Ketua Dewan Pertimbangan DPD Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DI Yogyakarta (DIY), Willy Sudjana.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di kota Yogyakarta pada 2012 tumbuh cukup baik. Namun, pada awal tahun justru terjadi kelesuan. Tingkat belanja masyarakat saat ini menurun. Meski demikian, pengusaha komputer dan kamera digital ini yakin akan ada perbaikan iklim usaha. "Pasti ini tidak akan lama dan segera bangkit," ujarnya.

Sementara, Ketua Asosiasi Tours and Travel Indonesia (Asita) DIY, Edwin Ismedi Himna mengaku hampir setiap tahun transaksi ticket penerbangan terus mengalami pertumbuhan.

Saat ini banyak masyarakat kelas menengah memilih menggunakan pesawat untuk bepergian. Selain harga terjangkau, harga tiket tidak banyak berbeda dengan kereta api. "Tren tiket justru bagus dan selalu naik di setiap bulan," ungkapnya.

Bagi agen besar, lanjut dia, dalam sebulan transkasi bisa mencapai Rp5 miliar. Mereka akan melayani semua rute penerbangan dan maskapai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6213 seconds (0.1#10.140)