Bank Dunia: Potensi industri pertanian Afrika USD1 T

Senin, 04 Maret 2013 - 22:02 WIB
Bank Dunia: Potensi...
Bank Dunia: Potensi industri pertanian Afrika USD1 T
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia mengungkapkan, sektor pertanian Afrika bisa menjadi industri sebesar USD1 triliun pada 2030, jika pemerintah dan swasta secara radikal memikirkan kembali kebijakannya di bidang pertanian.

Pasar makanan Afrika, saat ini sebesar USD313 miliar per tahun, bisa tiga kali lipat jika petani dimodernisasi dan memiliki akses yang lebih baik melalui pemberian kredit, teknologi baru, irigasi dan pupuk.

Bank Dunia mengatakan, petani Afrika memiliki kesempatan unik memasuki permintaan kelas menengah yang sedang berkembang dengan peningkatan empat kali lipat yang diharapkan supermarket di perkotaan, dengan harga komoditas yang lebih tinggi.

Beras, unggas, susu, minyak nabati, hortikultura, biji-bijian dan makanan olahan untuk pasar lokal kemungkinan besar akan menjadi kawasan yang paling dinamis bagi agribisnis di Afrika.

"Afrika kini tengah di persimpangan jalan. Mereka dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk mewujudkan potensinya atau terus kehilangan daya saing, kehilangan kesempatan besar dalam peningkatan pertumbuhan lapangan kerja dan ketahanan pangan," kata laporan Bank Dunia, seperti dilansir Reuters, Senin (4/3/2013).

Meskipun dalam satu dekade pertumbuhan ekonomi dan investasi sektor swasta di wilayah tersebut meningkat, pangsa ekspor pertanian global Afrika telah jatuh. Negara-negara, seperti Brasil, Indonesia dan Thailand memiliki produk ekspor pertanian lebih besar dari semua Sub-Sahara Afrika.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1450 seconds (0.1#10.140)