Korean Air bidik saham Czech Airlines

Selasa, 05 Maret 2013 - 15:42 WIB
Korean Air bidik saham Czech Airlines
Korean Air bidik saham Czech Airlines
A A A
Sindonews.com - Korean Air telah membuat tawaran resmi "beberapa juta dolar" untuk 44 persen saham Czech Airlines (CSA). Bagi maskapai penerbangan Korea Selatan itu investasi di operator luar adalah yang pertama.

Juru bicara Korean Air mengatakan, walau akan menguasai sebagian saham pihaknya tidak mencari kendali manajerial dari perusahaan penerbangan yang dikelola negara Rep Ceko itu.

"Kami mengajukan tawaran untuk saham pekan lalu. Jika berhasil, ini akan menjadi investasi pertama kami di pesawat lain," kata juru bicara yang tidak dsebutkan namanya, seperti dilansir Global Post, Selasa (5/3/2013).

Tawaran ini mencerminkan upaya Korean Air memperkuat jaringan di Eropa. Saat ini mereka mengoperasikan penerbangan penumpang ke 11 kota di Eropa.

Pemerintah Ceko telah menetapkan batas waktu Maret untuk tawaran maskapai, yang diperkirakan auditor Ernst & Young memiliki nilai 148 juta koruna (USD5,8 juta euro/USD7,5 juta).

"Qatar Airways, yang sebelumnya menyatakan minat untuk saham CSA, tidak akan ambil bagian dalam penawaran tersebut," kata salah satu harian di Ceko, DNES.

Czech Airlines, menawarkan armada 26 pesawat, setelah membukukan kerugian 241 juta koruna pada 2011. Pelepasan saham ini adalah upaya kedua privatisasi perusahaan setelah jatuh pada 2009.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3323 seconds (0.1#10.140)