PGN siap bangun jaringan pipa Panaran-Tanjung Uncang

Senin, 11 Maret 2013 - 15:09 WIB
PGN siap bangun jaringan pipa Panaran-Tanjung Uncang
PGN siap bangun jaringan pipa Panaran-Tanjung Uncang
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) pada April 2013 akan memulai tahapan kontruksi pembangunan jaringan pipa gas dari Panaran-Tanjung Uncang Pipeline Project (CP-8) di Batam, Kepulauan Riau.

Proyek infrastruktur gas senilai Rp183 miliar ini dibangun sebagai antisipasi pasokan gas dari Premier Oil melalui kesepakatan antara PLN dan Universal Batam Energy.

Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusuf menjelaskan, penandatanganan kontrak Jasa Konstruksi pipa gas Panaran-Tanjung Uncang sepanjang 18 km telah dilakukan dengan Krakatau Engineering pada Februari 2013. Lingkup pekerjaan jasa konstruksi ini meliputi kegiatan engineering, procurement (pengadaan), dan konstruksi.

"Proyek pipa gas berdiameter 16 inchi ini kami targetkan selesai dan bisa dioperasikan pada triwulan pertama 2014," kata Heri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/3/2013).

Saat ini, lanjut Heri, seluruh kelengkapan proyek seperti pipa sudah siap dikirim ke Batam untuk segera dilaksanakan konstruksi. Pipa baja yang akan digunakan dalam proyek ini diproduksi PT Krakatau Heavy Industries dan PT Steel Pipe Industries of Indonesia.

Heri mengatakan, pembangunan pipa Panaran-Tanjung Uncang merupakan bagian dari upaya PGN untuk terus meningkatkan infrastruktur gas di Indonesia. Langkah ini juga dilakukan untuk membangun sinergi dalam rantai pengelolaan gas bumi di dalam negeri yang melibatkan tiga unsur yaitu, pasokan, infrastruktur, dan pasar.

"PGN memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk terus meningkatkan kapasitas penggunaan gas bumi di dalam negeri. Pembangunan pipa gas Panaran-Tanjung Uncang ini merupakan bentuk dukungan nyata PGN terhadap penyerapan alokasi gas domestik untuk wilayah Batam," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)