Hujan picu kenaikan harga sayuran

Selasa, 12 Maret 2013 - 13:14 WIB
Hujan picu kenaikan harga sayuran
Hujan picu kenaikan harga sayuran
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan pantauan di lapangan, tidak hanya harga bawang putih yang naik tinggi di daerah Jombang, Jawa Timur (Jatim). Sejumlah sayuran juga merangkak naik. Misalnya, bawang merah menjadi Rp40 ribu per kg dari sebelumnya Rp8 ribu per kg.

Selain itu, harga cabe rawit menjadi Rp37 ribu per kg dari sebelumnya Rp25 ribu per kg. Begitu juga dengan wortel dari Rp3.500 per kg menjadi Rp5 ribu per kg, kol menjadi Rp5 ribu per kg dari sebelumnya Rp2.500 per kg. Pun tomat yang naik menjadi Rp7 ribu per kg dari sebelumnya Rp4 ribu per kg.

Para pedagang menilai, naiknya berbagai sayuran ini dipicu musim hujan yang masih berlangsung hingga membuat hasil produksi sayuran dari petani menurun.

Kondisi ini dikeluhka warga setempat karena kesulitan untuk mendapatkan sayur mayur. "Kami berharap kondisi seperti ini bisa kembali pulih seperti biasanya," kata Siska, warga di daerah tersebut, Selasa (12/3/2013).

Bahkan, kelangkaan stok sayuran ini membuat pedagang terpaksa menjual sayur mayur yang sudah membusuk. Para pedagang juga berharap cuaca segera membaik. Sehingga hasil produksi sayur mayur kembali meningkat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5248 seconds (0.1#10.140)