SBY-KEN bahas tiga isu perekonomian

Rabu, 13 Maret 2013 - 18:42 WIB
SBY-KEN bahas tiga isu perekonomian
SBY-KEN bahas tiga isu perekonomian
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membahas sejumlah isu di bidang perekonomian dengan Komite Ekonomi Nasional (KEN) hari ini. Di antaranya terkait fiskal, komoditas pangan, dan angka kemiskinan.

"Mengait ke kesejahteraan rakyat, sekaligus merumuskan kebijakan dan solusi apa yang hendak kita tempuh dan jalankan," ujar SBY usai pertemuan di kantornya, jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2013).

SBY mengatakan, diskusi antara dia dengan pengurus KEN berjalan dengan serius dan produktif. "Dan kita berusaha untuk mengenali permasalahan yang sebenarnya terjadi, pada tingkat perekonomian dan tingkat masyarakat," katanya.

Presiden mengungkapkan, sedikitnya ada tiga hal yang disampaikannya kepada pengurus KEN. "Pertama, Berkaitan dengan situasi fiskal kita, utamanya APBN dan jumlah subsidi, yang jumlahnya sangat besar. Yang kalau kita biarkan tanpa ada upaya untuk menguranginya, tentu akan berakibat tidak baik bagi APBN dan perkonomian secara nasional," jelasnya.

Kedua, kata SBY, menyoroti pergerakan harga sejumlah komoditas pangan, utamanya yaitu pergerakan harga daging sapi dan harga bawang yang belakangan ini menjadi perhatian masyarakat luas.

"Tentu kita tidak melihat pergerakan harga kedua komoditas ini, tapi kita melihat secara utuh perlunya menjaga stabilitas harga, perlunya berikan keuntungan yang lebih baik kepada para petani, tapi konsumen dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Keadaan seperti itulah yang mau kita tuju," katanya.

Sementara isu ketiga, lanjut SBY, tentang upaya pengurangan angka kemiskinan yang lebih efektif lagi. "Isu ketiga, saudara tahu meskipun ekonomi terus tumbuh, ekonomi meningkat dan kemiskinan serta pengangguran terus berkurang, tapi kami ingin pengurangan kemiskinan ini lebih efektif lagi, lebih cepat lagi. Dengan demikian akan baik bagi kehidupn rakyat kita," imbuhnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2302 seconds (0.1#10.140)