Luncurkan komik, Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi

Kamis, 14 Maret 2013 - 10:49 WIB
Luncurkan komik, Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi
Luncurkan komik, Jero ajak siswa-siswi SD hemat energi
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik meluncurkan tiga buah komik 'Pak Esdam' panduan penghematan energi untuk siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Museum Listrik Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pagi ini.

"Buku yang kita luncurkan ini adalah buku tentang energi untuk anak SD-SMP, bagaimana caranya menghemat energi. Ini bukunya berbentuk komik jadi lucu, biar mudah dimengerti oleh anak-anak," kata Jero dalam sambutannya di Museum Listrik, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Jero mengatakan, saat ini terdapat 40 juta pelajar SD-SMP di seluruh Indonesia yang bisa ikut berperan penting dalam program penghematan energi. "Keluar kamar mandi matikan lampunya, itu saja kalau dihitung 40 juta anak SD-SMP, kalau semua ingat matikan lampunya kalau tidak dipakai, berapa megawatt (MW) yang bisa dihemat?" tuturnya.

Karena itu, Menteri asal Partai Demokrat ini meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh untuk memperbanyak komik yang diluncurkannya tersebut agar program penghematan energi bisa disosialisasikan juga kepada para pelajar SD-SMP.

"Buku yang kita bagikan ini baru sedikit. Saya minta ke Mendikbud untuk diperbanyak, semua SD harus punya," ujar dia.

Pria kelahiran Bali ini mengemukakan, penghematan energi sangat penting dalam rangka menekan subsidi energi yang sudah semakin membengkak hingga hampir Rp300 triliun. "Subsidi energi sekarang Rp300 triliun. Jadi uang kita Rp300 triliun hilang untuk subsidi. Ini kalau tidak dihemat, bahaya negeri kita," ungkapnya.

Peluncuran komik hemat energi ini diharapkan dapat mengajak masyarakat luas untuk melakukan penghematan energi. "Saya berharap gerakan ini menjadi besar efeknya. Dengan ini tiga buku ini saya luncurkan," pungkas Jero.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6190 seconds (0.1#10.140)