DPR dukung harga BBM subsidi dinaikkan

Jum'at, 15 Maret 2013 - 17:53 WIB
DPR dukung harga BBM subsidi dinaikkan
DPR dukung harga BBM subsidi dinaikkan
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi VII DPR RI Satya W Yudha menyambut baik jika pemerintah ingin menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pasalnya pemerintah telah mempertimbangkan pasal 8 ayat 1 Undang-Undang APBN 2013.

“Dulu DPR tidak mendukung karena UU APBN-nya diubah sekarang kan tidak perlu lagi persetujuan APBN. Artinya, kalau DPR tidak setuju mengingkari apa yang sudah dibuat,” jelas Satya kepada di Jakarta, Jumat (15/2013).

Dia juga mengatakan, pemerintah jangan cuma lempar wacana saja. Bahkan, Satya khawatir pelemparan wacana justru berdampak pada kenaikan harga barang lain namun BBM justru tidak kunjung dinaikan dan terjadi shock inflation. “Konsen kita subsidi jangan membengkak,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, opsi kenaikan harga BBM bersubsidi terus menguat seiring tidak ekonomisnya harga BBM yang terus memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pemerintah mengaku masih mengkaji kenaikan harga tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengakui harga BBM bersubsidi sebesar Rp4.500 per liter sekarang ini tidak lagi ekonomis. Namun, pihaknya masih belum bisa memutuskan apakah harga BBM bersubsidi akan dinaikan atau tidak karena masih terbentur dengan konsidi sosial masyarakat.

“Sehingga kenaikan harga menjadi opsi terakhir pemerintah selama masih ada opsi yang lain, ” kata dia saat ditemui di Kementerian ESDM hari ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9304 seconds (0.1#10.140)