China bangun mitra dagang Korsel dan Jepang

Selasa, 19 Maret 2013 - 14:02 WIB
China bangun mitra dagang Korsel dan Jepang
China bangun mitra dagang Korsel dan Jepang
A A A
Sindonews.com - Departemen Perdagangan China menyatakan, pihaknya akan mengadakan tiga seri pertemuan dengan Jepang dan Korea Selatan (Korsel) tahun ini, untuk meningkatkan pembicaraan mitra dagang. Langkah itu dilakukan, menyikapi upaya Amerika Serikat (AS) yang mendorong kesepakatan perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP).

Juru bicara kementerian China, Shen Danyang mengungkapkan, pembicaraan pertama three-away akan membahas perjanjian perdagangan bebas (FTA) dengan dua tetangga di Seoul, pada 26-28 Maret 2013. Pembicaraan kedua akan dilanjutkan di China, dan pertemuan ketiga di Jepang.

Langkah tersebut dinilai para analis sebagai inisiatif dua arah Beijing untuk kembali membangun hubungan dengan Jepang setelah ketegangan diplomatik atas sengketa pulau di Laut China Timur. Hal itu juga sebagai upaya melawan "poros" AS yang berusaha menegaskan perannya di Asia dalam menghadapi kenaikan ekonomi China.

Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menyatakan bahwa Tokyo akan bergabung dengan Trans-Pacific Partnership yang saat ini terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Chili, Peru, Vietnam, Malaysia , Brunei dan Singapura. Ekonomi negara terbesar ketiga tersebut ingin ikut negosiasi yang akan menetapkan kesepakatan hampir 40 persen output ekonomi dunia. Langkah itu diyakini bisa mengisolasi China.

"Kami akan meningkatkan komunikasi dan pembicaraan dengan pihak terkait dan mendorong kemajuan daerah kita sendiri dari perdagangan bebas," kata Shen menanggapi rencana Jepang bergabung dengan perundingan TPP, seperti dilansir Reuters, Selasa (19/3/2013).

"Kami selalu berpikir bahwa setiap perekonomian di dunia memiliki hak untuk berpartisipasi dalam proses integrasi ekonomi global dan kami selalu mengambil sikap terbuka, inklusif untuk semua upaya mendorong kerja sama regional dan dunia," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7569 seconds (0.1#10.140)