Siprus cari rencana alternatif amankan bailout

Kamis, 21 Maret 2013 - 11:54 WIB
Siprus cari rencana alternatif amankan bailout
Siprus cari rencana alternatif amankan bailout
A A A
Sindonews.com - Pemimpin Siprus memutuskan untuk segera menyusun rencana baru, Kamis waktu setempat, yang bertujuan mengamankan bailout. Langkah tersebut dilakukan anggota zona euro yang hampir bangkrut setelah parlemen menolak pajak tabungan kontroversial.

Laporan televisi setempat, Presiden Siprus Nicos Anastasiades akan menyajikan paket plan B dalam pembicaraan dengan pemimpin partai di Istana Kepresidenan nanti, setelah memimpin sidang darurat kabinet atas rencana alternatif.

"Keputusan penyelamatan Siprus harus dilakukan paling lambat pada hari Kamis," kata Anastasiades kepada kantor berita resmi CNA, seperti dilansir Global Post, Kamis (21/3/2013).

Usulan masih mungkin termasuk retribusi bank kontroversial dalam beberapa bentuk, yang diajukan pada pertemuan kabinet untuk mengakhiri krisis yang telah memaksa pihak berwenang menutup bank di pulau Mediterania itu selama 10 hari berturut-turut.

Sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, dikutip CNA mengungkapkan, rencana penyelamatan termasuk penciptaan dana investasi struktural yang akan diperkuat dana provident di berbagai real estate.

"Dana tersebut juga akan dihubungkan dengan penerbitan obligasi dan prospek gas alam," ujar sumber itu.

Langkah-langkah buru-buru ditarik setelah Menteri Keuangan Michalis Sarris gagal membuat kemajuan dalam pembicaraan dengan Moskow untuk mengamankan bantuan sebagai bargaining Rusia dalam mencari aset menguntungkan dengan pertukaran bantuan lebih lanjut.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9770 seconds (0.1#10.140)