Makassar siap serap 10 ribu tenaga kerja

Jum'at, 22 Maret 2013 - 21:38 WIB
Makassar siap serap 10 ribu tenaga kerja
Makassar siap serap 10 ribu tenaga kerja
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menargetkan penyerapan 10 ribu tenaga kerja untuk tahun 2013 ini. Tingginya penyerapan tenaga kerja ini menyususul akan dibukanya 12 hotel baru di kota ini yang tentu saja membutuhkan banyak tenaga kerja.

Meski demikian, pihaknya mengimbau agar kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik. Karena tidak menutup kemungkinan persaingan pengisian lowongan kerja harus dilakukan dengan mereka yang berasal dari luar Makassar dan Sulsel, bahkan tenaga kerja asing atau ekspatriat. Sebab perusahaan, bebas merekrut tenaga kerja mana saja sesuai kebutuhan.

“Jumlahnya memang masih kecil, tapi gelombang ekspatriat mulai berdatangan di Makassar. Ekspatriat tersebut menyasar sektor usaha perhotelan dengan jabatan eksekutif,” ungkapnya di Makassar, Jumat (22/3/2013).

Meski demikian, Bukti belum dapat menyebutkan jumlah tenaga kerja perhotelan saat ini. Jumlah tenaga kerja pada 6 ribu perusahaan beroperasi di Makassar sebanyak 110 ribu, termasuk ekspatriat.

Sementar itu, Anggota Komisi C Mudzakkir Ali Djamil meminta pengusaha hotel memprioritaskan tenaga kerja lokal sebab kualitasnya tak perlu diragukan. “Makassar memiliki lembaga pendidikan pencetak tenaga kerja bidang perhotelan,” katanya.

Di tempat terpisah, Jobforcerer bekerjasama dengan Disnaker Makassar membuka peluang kerja bagi 1.400 pencari kerja. Mereka nantinya akan disalurkan ke beberapa perusahaan di Kota Makassar.

“Jobforcerer sudah kami gelar dalam dua hari. Ada 24 perusahaan yang bekerjasama dengan kami. Ke-1.400 ini pasti sangat berarti untuk mengatasi pengangguran,” ungkap Ricky dari Jobforcerer.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6689 seconds (0.1#10.140)