Juni, pemerintah didesak putuskan kuota impor

Jum'at, 24 Mei 2013 - 10:27 WIB
Juni, pemerintah didesak putuskan kuota impor
Juni, pemerintah didesak putuskan kuota impor
A A A
Sindonews.com - Komite Daging Sapi (KDS) mendesak pemrintah untuk segera mengambil keputusan untuk menambah kuota impor daging sapi. Pasalnya, jika tidak secepatnya dilakukan akan menyebabkan harga daging sapi menjelang Lebaran bisa menembus Rp150.000 per kilogram (kg).

"Bila pemerintah tidak secepatnya ambil keputusan untuk menambah kuota import maka akan dapat diprediksi harga daging sapi menjelang Lebaran akan bisa menembus 150.000 per kilogram, mengingat pengalaman tahun lalu saja sudah menembus 120.000 per kilogram," kata Ketua KDS Jakarta Raya, Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Menurut dia, penambahan kuota impor daging sapi harus diputuskan paling lambat awal Juni 2013, sehingga daging sudah harus masuk akhir Juni atau awal Juli tahun ini. Itu mengingat bulan Puasa, yang akan mulai tanggal 8 Juli, dimana kebutuhan masyarakat dan dunia usaha akan naik hampir dua kali lipat.

Selain itu, Sarman menambahkan, Kementerian Perdagangan harus mengkaji kembali daging impor yang masuk pasar tradisional, khususnya di Jabodetabek jika menginginkan harga di pasar stabil.

Dia menilai, Sampai saat ini belum ada langkah kongkret dari pemerintah untuk menurunkan harga dagung, termasuk keberadaan daging sapi lokal yang diklaim Kementerian Pertanian yang tidak terbukti mampu menurunkan harga daging sapi di pasaran.

"Artinya, supply dan demand tidak seimbang, pemerintah sampai saat ini belum merealisasikan penambahan kuota daging impor walaupun pada kenyataanya Menteri Perdagangan sudah sidak langsung ke pasar tradisional," tutur dia.

Adapun, harga daging sapi hampir delapan bulan masih berada pada harga Rp90.000-Rp.100.000 per kilogram (kg). Hal ini membuat daya beli masyarakat turun drastis dan pelaku usaha merasa kesulitan mendapatkan bahan baku daging.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8379 seconds (0.1#10.140)