Pertamina siap bangun komplek petrokimia kelas dunia

Senin, 01 April 2013 - 16:47 WIB
Pertamina siap bangun komplek petrokimia kelas dunia
Pertamina siap bangun komplek petrokimia kelas dunia
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan PTT Global Chemical Public Company Limited (PTTGC) sepakat membangun komplek Petrokimia kelas dunia di Indonesia. Komplek tersebut dijadwalkan akan mulai beroperasi secara komersial paling lambat 2018 dengan perkiraan investasi sebesar USD5 miliar.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, PPT Global Chemical sebagai produsen petrokimia terdepan di Thailand bersama Pertamina mengumumkan secara resmi kerja sama tersebut pada 1 April 2013 dengan dilakukannya penandatanganan HoA pembangunan komplek petrokimia di Indonesia.

Dalam HoA tersebut disepakati kerangka kerja sama antara kedua perusahaan untuk melaksanakan studi kelayakan lebih detail sebagai tahap pengembangan bisnis kedepan serta pendirian perusahaan patungan antara Pertamina dan PTT Global Chemical.

“Kami juga telah memilih PPT Global Chemical untuk membantu pengembangan proyek yang menjadi prioritas tinggi bagi kami mengingat PPT Global Chemical telah memiliki kapabilitas terbaik serta reputasi global di bidang petrokimia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (1/4/2013).

Sementara CEO PTT Global Chemical, Anon Sirisaengtaksin mengatakan, perusahaan patungan untuk proyek ini diharapkan selesai pada akhir 2013, sehingga pekerjaan rekayasa dan konstruksi bisa segera dimulai. Adapun, operasi komersial dari kilang-kilang tersebut ditargetkan paling lambat tahun 2018.

“PTT Global Chemical sangat bangga bekerja sama dengan Pertamina dalam proyek yang sangat penting ini. Kami yakin bisnis petrokimia dapat berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian Indonesia dan mempercepat ASEAN untuk menjadi hub utama petrokimia,” kata dia.

Menurut Sirisaengtaksin, investasi ini sejalan dengan aspirasi pertumbuhan PPT Global Chemical dalam memperkuat bisnis inti perusahaan, selain melebarkan jejak langkah di Asia Tenggara serta membuka kesempatan kerja sama yang lebih luas antara Pertamina dengan PPT Grup di masa mendatang.

Perlu diketahui, Pertamina saat ini mengoperasikan enam unit pengolahan di seluruh Indonesia, dengan total kapasitas produksi hingga 1 juta barel minyak mentah setiap hari. Sebagai pemilik aset kilang terbesar kelima di Asia Tenggara, Pertamina memiliki potensi yang sangat besar dalam mengintegrasikan bisnis kilang dan petrokimia.

Hal ini akan memberi nilai tambah terhadap pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Berbagai keunggulan tersebut menjadikan Pertamina bertekad untuk dapat menjadi pemain utama tidak hanya di Indonesia, namun juga di kawasan regional.

Sedangkan, PTT Global Chemical merupakan perusahaan petrokimia PTT Grup dengan total kapasitas produksi 8,45 juta ton per tahun dan kapasitas penyulingan minyak mentah hingga 280 ribu barel per hari.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8220 seconds (0.1#10.140)