Dampak pemadaman listrik, pengusaha rugi miliaran

Senin, 01 April 2013 - 17:02 WIB
Dampak pemadaman listrik, pengusaha rugi miliaran
Dampak pemadaman listrik, pengusaha rugi miliaran
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi), Sarman Simanjorang, menilai pemadaman listrik membawa ketidaknyamanan bagi konsumen, baik itu perorangan apalagi kalangan pebisnis. Hampir semua Sektor usaha menderita kerugian akibat pemadaman listrik secara bergiliran, hanya tingkat kerugian berbeda-beda.

"Seperti sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) akan mengalami kerugian sangat besar karena supply listrik 100 persen dari PLN seperti UKM konveksi, warnet, logam, electronik dan praktis usahanya tidak bisa operasional," ujar Sarman dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/4/2013).

Sementara industri besar dan jasa lainnya, seperti hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran juga mengalami kerugian berupa operasional genset, akan tetapi usahanya bisa tetap operasional.

Transaksi keuangan diperkirakan juga akan terganggu khususnya di kantor cabang dan anak cabang yang tidak memiliki genset dan akan merugikan nasabah.

"Kalau ditotal secara kolektif pasti jumlahnya puluhan miliar, hanya angka pastinya sulit diprediksi karena hampir semua sektor usaha mengalami kerugian," ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)