Tekan inflasi, pemerintah akan review APBNP

Selasa, 02 April 2013 - 14:14 WIB
Tekan inflasi, pemerintah akan review APBNP
Tekan inflasi, pemerintah akan review APBNP
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru ditetapkan, Agus Martowardojo mengatakan, secara bulat pemerintah telah memutuskan bahwa inflasi tahun ini tetap berada di kisaran 4,9 persen.

"Saya melihat secara year on year inflasi 5,5 persen terlalu tinggi. Pemerintah di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setelah koordinasi dengan BI, menetapkan inflasi tahunan ada di kisaran 4,9 persen," jelas Agus kepada Sindonews seusai sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Agus menyebutkan, angka inflasi secara year on year dari Badan Pusat Statistk (BPS) sebesar 5,9 persen sudah cukup tinggi dan perlu disikapi lebih jauh lagi.

"Dan, BI menetapkan itu dalam bentuk 4,5 persen sampai dengan pengurangan 1 persen. Nah angka 5,9 persen cukup tinggi. Walaupun secara prinsip melihat core inflation cukup terjaga sehingga perlu penyikapan bahwa ini sudah ada di level tinggi," terang dia.

Secara khusus, Agus juga menyatakan bahwa pemerintah akan melakukan review APBNP secara serius dan berkala setiap akhir kuartal.

"Kita lihat perlu direview secara serius. Tetapi sekarang ini core inflation masih terjaga dan kita belum akan menyikapi. Akhir Maret 2013 itu adalah akhir kinerja satu kuartal. Kami yakin pemerintah akan melakukan review, termasuk review APBNP maupun perubahan yang lainnya," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)