IHSG diprediksi melemah terbatas

Jum'at, 05 April 2013 - 08:02 WIB
IHSG diprediksi melemah terbatas
IHSG diprediksi melemah terbatas
A A A
Sindonewss.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini diprediksi masih berpotensi melemah tertekan sejumlah sentimen negatif dari dalam maupun luar negeri.

"Hari ini kami perkirakan IHSG cenderung tertahan dengan potensi melemah terbatas. Kisaran support-resistance 4.900-4.948," kata Analis riset PT Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, Jumat (5/4/2013).

Potensi pelemahan tersebut, menurut dia, menyusul pelemahan yang sebelumnya terjadi pada akhir sesi perdagangan Kamis (4/4/2013). "IHSG anjlok cukup dalam pada perdagangan kemarin menyusul berbagai sentimen negatif dari dalam maupun luar negeri," kata Purwoko.

Faktor eksternal yang mempengaruhi bursa regional Asia, termasuk IHSG, antara lain beberapa data ekonomi AS yang mengecewakan dan juga ditambah ketegangan yang terus meningkat antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Disamping itu, perusahaan di Amerika menambah jumlah pekerjanya sebanyak 158 ribu orang, atau lebih rendah dari estimasi sebesar 200 ribu orang. "Data tenaga kerja yang dibawah ekspektasi ini menimbulkan kekhawatiran akan angka pengangguran yang akan dirilis hari ini," lanjut dia.

Dari dalam negeri pasar mulai dibayangi oleh rencana kebijakan pemerintah terkait harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pasalnya, tingginya konsumsi BBM dalam negeri dikhawatirkan akan terus menambah desifit anggaran tahun ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4048 seconds (0.1#10.140)