GM Holden pangkas 500 karyawan di Australia

Senin, 08 April 2013 - 14:43 WIB
GM Holden pangkas 500...
GM Holden pangkas 500 karyawan di Australia
A A A
Sindonews.com - Perusahaan mobil General Motors (GM) Holden melaporkan pengurangan 500 pegawainya di Australia. Langkah tersebut dilakukan akibat dari penguatan nilai mata uang lokal (dolar Australia) yang menekan penjualan mobil produksi GM Holden.

Dari total 500 pegawai yang di-PHK, 400 diantaranya berasal dari pabrik di Adelaide. Produksi mobil di sana mengalami penurunan dari 400 kendaraan per hari menjadi 335 unit. Sisanya merupakan karyawan bidang pengembangan produk di kantor Melbourne.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit karena orang-orang dan keluarga mereka terlibat. Tetapi demi melindungi masa depan Holden, kita terpaksa mengambil tindakan dan restrukturisasi ini agar lebih menyelaraskan Holden dengan proyeksi volume masa depan dan beban kerja," jelas Mike Devereux, Chairman GM Holden, seperti dilansir dari Global Post, Senin (8/4/2013).

Perusahaan mengatakan, bahwa pengurangan pegawai ini sebagai imbas dari penurunan permintaan mobil kecil buatan lokal yang diakibatkan penguatan nilai mata uang dolar Australia, ditambah dengan kondisi pasar mobil dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

"Penguatan nilai mata uang telah membuat banyak hal di negeri ini 60 persen lebih mahal dari 10 tahun lalu. Ini merupakan penguatan mata uang tertinggi dalam 30 tahun terakhir," ujar Devereux.

"Kami telah menghasilkan keuntungan produksi yang signifikan, tetapi melihat pergeseran struktural di pasar Australia, telah dinikmati para importir sebagai akibat dari (nilai mata uang) dolar Australia yang tinggi dan tarif (bea masuk) yang sangat rendah," tambahnya.

Anak usaha General Motors (AS) ini total mempekerjakan 4.000 orang di Australia, pada tahun lalu. Mereka sebelumnya juga telah mengurangi tenaga kerja sebanyak 170 orang, lagi-lagi karena dolar Australia yang kuat dan penjualan mobil seret.

Pemerintah Australia sendiri mengaku kecewa dengan kabar ini. Tahun lalu, Australia telah memberikan 275 juta dolar Australia (setara USD285 juta) untuk menjaga pertumbuhan Holden, dan kekhawatiran perusahaan akan meninggalkan Australia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0616 seconds (0.1#10.140)