Bandara Soeta-Halim akan dihubungkan kereta

Senin, 08 April 2013 - 16:24 WIB
Bandara Soeta-Halim...
Bandara Soeta-Halim akan dihubungkan kereta
A A A
Sindonews.com - Menindak lanjuti rencana penyediaan sarana transportasi terintegrasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian akan segera merealisasikan pembangunan jalur kereta api (KA) dari bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Tangerang menuju bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub, Tundjung Inderawan menerangkan, proyek pembangunan jalur KA sepanjang 33,86 kilometer (km) tersebut sedianya akan menghabiskan biaya sebesar Rp20 triliun yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pendanaan akan dilaksanakan melalui skema public private partnership (PPP). Saat ini sedang dilakukan tinjauan ulang rencana trase oleh konsultan dari PT SMI (Multi Sarana Infrastruktur)," terang Tundjung di Hotel Millenium, Jakarta, Senin (8/4/2013).

Tundjung menjelaskan, jalur KA yang masih dalam persiapan dokumen perencanaan pra feasibility study (FS) tersebut, sedianya akan melintasi kawasan Pluit yang disebut jalur ekspres (express line). "Rencananya jalur KA tersebut akan dibangun secara jalur melayang (elevated) untuk mengurangi perlintasan sebidang," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7103 seconds (0.1#10.140)