OJK : Lembaga keuangan perlu pengawasan terintegrasi

Selasa, 09 April 2013 - 12:07 WIB
OJK : Lembaga keuangan perlu pengawasan terintegrasi
OJK : Lembaga keuangan perlu pengawasan terintegrasi
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad memandang, industri keuangan adalah kunci utama dari berhasil atau tidaknya sebuah pembangunan suatu negara. Untuk itu perlu fungsi pengawasan terintegrasi agar lembaga keuangan tidak menjadi sumber permasalahan keuangan nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad memberi gambaran seperti yang terjadi di sejumlah negara kawasan Eropa, dimana negara tersebut mengalami krisi ekonomi hebat karena tidak terpeliharanya pengawasan yang baik terhadap lembaga-lembaga keuangan yang ada di negara kawasan tersebut.

"Jangan sampai negara kita sama dengan yang di Eropa dan Amerika Serikat, yang belum selesai juga soalnya krisisnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Untuk itu, menurut dia, industri keuangan nasional wajib menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate government/GCG) dan pengawasaan serta intregritas yang baik, sehingga tidak menjadi sumber permasalahan.

"Pokoknya ada dua cara pokok untuk mengawasi industri keuangan. Cara pertama dengan pengawasan sedini dan seketat mungkin serta diberikannya edukasi keuangan guna melindungi konsumen," tegasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4652 seconds (0.1#10.140)