Yamaha produksi motor termurah di dunia Rp4,8 juta

Rabu, 10 April 2013 - 17:33 WIB
Yamaha produksi motor termurah di dunia Rp4,8 juta
Yamaha produksi motor termurah di dunia Rp4,8 juta
A A A
Sindonews.com - Produsen motor asal Jepang, Yamaha akan meluncurkan sepeda motor termurah di dunia seharga USD500 atau sekitar Rp4,8 juta. Motor tersebut rencananya akan diproduksi di India, dan diekspor ke beberapa negara di dunia.

Motor dengan kapasitas mesin 100 cc itu masih diuji di pusat penelitian negara bagian Uttar Pradesh, India. Yamaha sendiri belum bersedia memberikan tanggal peluncuran.

"Mengembangkan produk di India akan memberikan kami keuntungan biaya besar dan memungkinkan kami mendapatkan harga kompetitif," kata Hiroyuki Suzuki, CEO Yamaha Motor India di New Delhi, seperti dilansir dari Global Post, Rabu (10/4/2013).

Motor tersebut rencananya akan dijual pertama kali di India dan kemudian diekspor ke Amerika Latin, Afrika dan China. "Target kami adalah mengembangkan sepeda termurah sekitar USD500 di India dan pasar ekspor," jelas Manejer Senior Penelitian dan Pengembangan Yamaha, Toshikazu Kobayashi.

Analis melihat langkah Yamaha tersebut sebagai bagian dari strategi menguasai pasar di India setelah sebelumnya difokuskan pada produksi sepeda motor sporty.

Yamaha saat ini memproduksi 400.000 unit di India, dengan target satu juta pada 2014. Tetapi beberapa analis meragukan sepeda murah dimaksud untuk konsumen China, karena mereka telah memiliki motor murah.

Penjualan Yamaha di pasar sepeda motor India menyentuh angka 10,08 juta unit pada tahun fiskal hingga Maret 2013, atau hanya naik 0,12 persen year-on-year, akibat belanja konsumen rendah dan tingginya suku bunga.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7732 seconds (0.1#10.140)