Pemerintah terlalu berpihak kepada bank BUMN

Rabu, 10 April 2013 - 19:43 WIB
Pemerintah terlalu berpihak kepada bank BUMN
Pemerintah terlalu berpihak kepada bank BUMN
A A A
Sindonews.com - Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) yang juga mantan deputi Senior Gubernur BI, Anwar Nasution mengatakan, pembicaraan tentang kartel dalam industri perbankan di Indonesia bukan membicarakan persaingan bank, tetapi lebih ke arah regulasi pemerintah yang cenderung terlalu berpihak kepada bank BUMN.

"Ini kartel di sini bukan karena persaingan, tetapi karena peraturan pemerintah. Kalau di luar negeri bank swasta bisa menjadi besar karena dia bisa bersaing. Di sini Bank Mandiri menjadi besar karena aturan pemerintah, beda itu," katanya di gedung KPPU, Jakarta, Selasa (10/4/2013).

Anwar mengaku, awalnya hal ini terjadi karena ada regulasi pemerintah yang mengatakan dana sektor negara harus disimpan di Bank BUMN dan BPD dan tidak boleh disimpan di bank swasta.

"Peraturan yang mengatakan bahwa semua dana sektor negara hanya boleh disimpan di bank persero (BUMN) dan BPD-BPD itu kasir dari Pemda, dan tidak boleh menaruh dana itu di bank swasta lainnya," ungkapnya.

Ini juga yang menyebabkan kemudian bank-bank swasta milik konglomerat hanya tertarik untuk memberikan atau melayani badan usaha milik grupnya. "Ini yang menyebabkan itu, jadi bukan persaingan, tetapi peraturan yang harus diubah," tegas Anwar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6308 seconds (0.1#10.140)