Swiss siap bangun Konjen di Makassar

Kamis, 11 April 2013 - 17:27 WIB
Swiss siap bangun Konjen di Makassar
Swiss siap bangun Konjen di Makassar
A A A
Sindonews.com - Hubungan dagang antara Swiss dengan Sulwesi Selatan (Sulsel) akan semakin erat. Swiss memilih Makassar sebagai tempat pembangunan Konsulat Jenderal (Konjen) di Indonesia.

Sulsel dipilih karena daerah ini dinilai sebagai kawasan menjanjikan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Kepastian pembangunan Konjen Swiss di Makassar itu terungkap saat Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Heinz Walker Naderkoom menemui Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (11/4/2013).

"Penempatan Konjen di Sulsel untuk mendekatkan kerja sama antara pemerintah Sulsel dengan pemerintah Swiss," kata Heinz kepada wartawan usai melakukan pertemuan tersebut.

Dia mengaku, memilih Sulsel karena melihat pertumbuhan ekonomi dan kesempatan berinvestasi di daerah ini sangat menjanjikan. "Kita melihat Sulsel sebagai daerah yang sangat maju di Indonesia. Apalagi pertumbuhan ekonomi Sulsel tertinggi," ujarnya.

Pihaknya mengakui, pemerintah Swiss sempat akan menempatkan Konjen di Medan, Sumatera Utara. Namun, setelah melihat kondisi dan kemajuan ekonomi Sulsel, pemerintah Swiss pun berubah pikiran. "Pertengahan tahun ini kita sudah bangun," katanya.

Menurut Heinz, pemerintah Swiss sangat tertarik mengembangkan perdagangan hasil perkebunan, terutama komoditas kakao. Daerah ini memang dikenal sebagai lumbung kakao nasional. Kakao merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat Eropa.

Kehadiran Konjen Swiss di Makassar ini disambut baik oleh Syahrul. Hal ini akan semakin menjadikan Sulsel dan kawasan timur Indonesia sebagai tujuan investasi dunia.

"Ini sangat baik bagi kemajuan Sulsel, ini menandakan bahwa daerah kita memang menjanjikan," kata Mantan Bupati Gowa dua periode itu seraya mengatakan, Pemprov Sulsel akan menyiapkan perangkat untuk mewujudkan Konjen Swis di Makassar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4674 seconds (0.1#10.140)