Melihat Sudut Pandang China ke Indonesia, Mitra Dagang Terbesar dalam 1 Dekade

Selasa, 08 Juni 2021 - 11:10 WIB
loading...
Melihat Sudut Pandang China ke Indonesia, Mitra Dagang Terbesar dalam 1 Dekade
China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama 10 tahun berturut-turut. Pertemuan kedua negara digelar untuk membahas perihal mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi Indonesia-China di Guiyang. Foto/Dok
A A A
GUIYANG - Pemerintah China memandang Indonesia sebagai mitra strategis untuk mengembangkan kerja sama global. China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama 10 tahun berturut-turut.

Ditambah Indonesia sebagai negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang menuju ke level menengah secara per kapita (emerging economy). Pernyataan tersebut diutarakan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, saat melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pertemuan kedua negara tersebut membahas perihal mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi Indonesia-China di Guiyang. Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri China, otoritas setempat menilai pertemuan Indonesia-China menjadi peristiwa besar dan hal baik dalam hubungan bilateral.



Dimana langkah penting diambil oleh kedua belah pihak untuk mengimplementasikan konsensus yang sudah disepakati oleh Presiden kedua negara. Sejak tahun lalu, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah empat kali berbicara melalui saluran telepon untuk membahas kerja sama bilateral baik persoalan pandemi Covid-19 hingga pembangunan.

Dalam pembicaraan itu, kedua negara sepakat untuk mendorong kemajuan baru dalam kemitraan strategis komprehensif Indonesia-China.

Di sektor kesehatan, kata Wang Yi, selama satu setengah tahun terakhir, China dan Indonesia telah bekerja sama untuk mengatasi tantangan pandemi, melakukan kerja sama pengadaan vaksin Covid-19. Langkah itu sekaligus memberikan contoh bagi masyarakat internasional bahwa kolaborasi memerangi pandemi hal yang penting.

Dari sisi infrastruktur, kedua belah pihak akan menyelaraskan strategi pembangunan. Misalnya, Kereta cepat Jakarta-Bandung dan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional. Keduanya pun bersama-sama mempromosikan kerjasama pembangunan dan memberikan kontribusi untuk pemulihan ekonomi regional.

"Kerjasama perdagangan dan investasi telah berkembang melawan tren. China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama 10 tahun berturut-turut dan tetap menjadi sumber investasi terbesar kedua di Indonesia," ujar Wang Yi dikutip, Selasa (8/6/2021).

Untuk Dialog Tingkat Tinggi China-Indonesia, kedua negara akan mengambil pembentukan mekanisme kerja sama sebagai peluang untuk merencanakan kerja sama bilateral lebih baik di berbagai bidang, mengumpulkan lebih banyak sumber daya, dan membentuk sinergi yang lebih besar untuk mengangkat hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)