Penjualan GM di China lampaui VW

Sabtu, 13 April 2013 - 11:27 WIB
Penjualan GM di China...
Penjualan GM di China lampaui VW
A A A
Sindonews.com - Penjualan General Motors Company (GM) berhasil melampaui Volkswagen (VW) di China untuk pertama kalinya dalam tiga kuartal. Hal ini didorong naiknya permintaan pada model mobil Buick.

Seperti dikutip dari Inautonews, Sabtu (13/4/2013), pada kuartal pertama tahun ini, VW melaporkan penjualan di China meningkat 21 persen atau sebanyak 770 ribu unit. Angka ini 5,7 persen lebih rendah dari penjualan GM yang dilaporkan pada pekan lalu.

GM, yang berencana untuk tetap memimpin di negara itu, kini mulai memimpin di antara semua kendaraan asing. Sudah sembilan tahun, sejak GM menjadi pemimpin di China, pasar yang diperkirakan akan melampaui 20 juta unit penjualan untuk pertama kalinya terjadi pada tahun ini.

Asosiasi Industri Otomotif China (CAAM) melaporkan bahwa pertumbuhan VW selama kuartal pertama yahun ini melampaui pasar kendaraan penumpang secara keseluruhan di China atau meningkat 11 persen pada Maret, masih lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan industri.

Pada Maret 2013, VW menarik sebanyak 400 ribu unit di wilayah tersebut karena ada cacat gearbox yang dapat menyebabkan kendaraan hilang kekuatan. Pembuat mobil Jerman ini tidak mengungkapkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan akibat recall ini, namun perusahaan riset LMC Automotive memperkirakan kerugian sekitar USD1.000 per kendaraan dengan total bisa mencapai USD600 juta.

Pertumbuhan tercepat di antara mobil asing di China dicapai Ford dengan penjualan meningkat 54 persen, naik menjadi lebih dari 186 ribu unit. Mobil merek AS itu mengalahkan Toyota untuk pertama kalinya.

Sementara Nissan, Honda, dan Toyota penjualannya mengalami penurunan selama kuartal pertama tahun ini karena sentimen anti-Jepang yang masih memengaruhi pasar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2201 seconds (0.1#10.140)