Kuroda klaim G20 pahami alasan stimulus Jepang

Jum'at, 19 April 2013 - 11:08 WIB
Kuroda klaim G20 pahami alasan stimulus Jepang
Kuroda klaim G20 pahami alasan stimulus Jepang
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ), Haruhiko Kuroda mengatakan, kelompok 20 negara (G20) memahami kasus stimulus moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami sama sekali tidak berniat melemahkan mata uang," kata Kuroda di Washington, AS, di mana dia menghadiri pertemuan pertama G-20, sebagai kepala bank sentral, seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (19/4/2013).

"Pelonggaran BoJ adalah untuk tujuan kebijakan domestik guna mencapai target inflasi 2 persen sedini mungkin," tambahnya.

Ditanya apakah pertemuan kepala keuangan dan gubernur bank sentral di Washington akan mempertimbangkan risiko Jepang memicu devaluasi kompetitif, Kuroda, 68, mengatakan, "Itu mungkin tidak akan dibahas banyak".

Menurut pernyataan rancangan yang dipersiapkan untuk pertemuan pekan ini, negara G20 menegaskan komitmennya menghindari devaluasi kompetitif tanpa mengasingkan bangsa manapun.

Yen tercatat telah turun sekitar 20 persen terhadap dolar AS dalam enam bulan terakhir, penurunan terbesar di antara 16 mata uang utama.

"Kemungkinan besar bahwa hasil dari pertemuan G-20 akan memberikan tailwinds untuk Jepang dan depresiasi yen," kata Takahiro Sekido, strategist dari Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd, yang sebelumnya bekerja di BoJ.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7357 seconds (0.1#10.140)