Akhir April, persiapan kenaikan harga BBM rampung

Jum'at, 19 April 2013 - 16:57 WIB
Akhir April, persiapan kenaikan harga BBM rampung
Akhir April, persiapan kenaikan harga BBM rampung
A A A
Sindonews.com - Pemerintah menegaskan bahwa secara teknis, rencana persiapan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil pribadi rampung akhir bulan ini.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo menegaskan, persiapan itu sedang dimatangkan oleh Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Gubernur, Pemerintah Daerah dan PT Pertamina (persero) selaku pelaksana kebijakan. Adapun persiapan ditargetkan selesai pada tanggal 26-27 April ini.

“Peraturannya juga sudah disiapkan. Akhir bulan ini siap. Nanti setelah selesai, dilaporkan ke pak Presiden. Beliau sangat memperhatikan masalah teknis. Beliau yang akan memutuskan,” kata Susilo di Jakarta, Jumat (19/4/2013).

Lebih lanjut Susilo mengatakan, tiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan menjual BBM bersubsidi dengan harga berbeda. Sementara untuk mobil pribadi akan ada SPBU khusus yang melayani dengan harga Rp6.500 per liter. Sedangkan untuk sepeda motor dan angkutan umum disediakan SPBU yang menjual BBM subsidi dengan harga Rp4.500 per liter.

Agar kebijakan ini tidak membingungkan maka akan dipasang spanduk dan papan petunjuk jalan yang memberitahukan lokasi SPBU yang melayani dan tidak melayani BBM subsidi untuk mobil pribadi. Sementara keberadaan aparat kepolisian dilibatkan dalam pengawasan penerapan kebijakan ini.

“Ini dilakukan agar masyarakat tidak bingung nanti kalau memilih SPBU,” kata dia.

Menurut Susilo, kebijakan dua harga BBM bersubsidi tidak akan menimbulkan gejolak lantaran pengguna sepeda motor dan angkutan umum tetap membeli dengan harga Rp4.500 per liter.

Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi ada sekitar 750 SPBU, sekitar 55-60 persen akan menjual BBM bersubsidi dengan harga Rp4.500 per liter. Sedangkan untuk daerah terpencil yang hanya memiliki satu SPBU, tercatat ada 34 SPBU, diantaranya berada di Papua dan Maluku.

Dikatakan dia, SPBU itu menjual BBM subsidi harga Rp4.500. Namun, di SPBU itu disediakan tanki khusus yang melayani mobil pribadi. “Di sana kan tidak banyak mobil. Jangan disamakan dengan Jakarta, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi,” ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9990 seconds (0.1#10.140)